Grenadiers Dave Brailsford yakin segala sesuatunya telah dilakukan

Kepala tim Ineos Grenadiers Dave Brailsford yakin segala sesuatunya telah dilakukan agar Tour de France bisa dilombakan dalam kondisi aman seiring jumlah kasus virus corona di negaranya terus meningkat.

Grenadiers Dave Brailsford yakin segala sesuatunya telah dilakukan

Jumlah kasus harian di Prancis mencapai tertinggi baru pasca-penguncian 6.111 pada hari Kamis, memicu spekulasi di antara penggemar dan media bahwa balapan, yang dimulai pada hari Sabtu, tidak akan mencapai Paris pada 20 September.

“Kami dapat meminimalkan risiko secara signifikan,” kata Brailsford dalam konferensi pers, Jumat.

Pengendara dan anggota staf tim dites virus corona enam dan tiga hari sebelum balapan dimulai.

Empat anggota tim Lotto Soudal dipulangkan pada Kamis setelah seorang mekanik dan juru kunci dinyatakan positif.

“Kami telah bekerja dengan (penyelenggara) Organisasi Olahraga Amaury dan mereka benar-benar telah melakukan segala kemungkinan untuk membuat acara itu berhasil,” kata Brailsford.

Namun dia menambahkan: “Kami tidak tahu, tidak ada yang tahu apakah kami akan mencapai Paris.”

Penyelenggara mengatakan pekan lalu bahwa jika dua anggota tim dinyatakan positif selama periode tujuh hari, seluruh tim akan dikeluarkan dari balapan, tetapi sumber mengatakan kepada Reuters bahwa buku peraturan terbaru yang mereka terima tidak menyebutkan ukuran itu.

Akibatnya, Lotto Soudal tidak dikeluarkan dari acara pada hari Kamis.

Tim, bagaimanapun, terbiasa beroperasi di lingkungan yang bersih dan dalam hal itu, balapan tahun ini tidak jauh berbeda.

“Sebelum COVID muncul, kami memiliki program untuk meminimalkan risiko cedera dan penyakit,” kata Brailsford.

“Ini tersirat membersihkan pengontrol TV (di hotel), misalnya. Jadi bagi kami, elemen tambahannya adalah kami perlu memakai topeng, itu bukan perubahan besar.”

Penunggang dan staf akan menjalani tes rutin rakuten365 dan petugas polisi akan dikerahkan di tanjakan untuk memastikan penggemar menjaga jarak dan memakai masker.

Ada tanda tanya atas potensi tes ‘positif palsu’, yang bisa mengakibatkan pebalap dipulangkan sebelum tes kedua dapat mengkonfirmasi hasilnya.

Namun itu adalah risiko yang perlu diterima tim, kata Brailsford.

“Kami harus bertindak cepat. Ini bukan skenario terbaik tapi realistis,” katanya.

Tim Ineos Grenadiers ‘Egan Bernal dari Kolombia adalah juara bertahan Tour, yang dimulai dengan putaran mengelilingi Nice.